Bikin Aplikasi Pendidikan, Guru di India Mendadak Jadi Miliarder

Diposting pada 21 August 2019 07:26:29 PM oleh Admin STIA BNM


Gambar Berita

Liputan6.com, Jakarta - Byju Raveendran, seorang guru di India menyabet gelar miliadersetelah aplikasi pendidikan yang ia buat meraup USD 150 juta atau Rp 2,1 triliun (USD 1 = Rp 14.240).

Hal itu menjadikan bisnis Raveendran memiliki valuasi USD 5,7 miliar atau Rp 81,1 triliun, dan menjadikan kekayaan pribadinya meningkat hingga USD 1 miliar.

Dikutip dari CNBC, Rabu (7/8/2019), aplikasi yang dibuatnya didukung oleh perusahaan teknologi pendidikan termasuk di dalamnya Qatar Investment Authority, Tencent dan Mark Zuckerberg.

Berkat pencapaian yang diraihnya, ia menjadi orang terkaya paling muda pada umur 37 tahun di India.

Raveendran tumbuh di Desa Azhikode, India Selatan, merupakan anak dari seorang guru matematika dan fisika. Sebelumnya, miliarder ini pernah bekerja sebagai insinyur.

Namun pekerjaan yang dijalankan saat itu membuatnya sadar bahwa keahliannya adalah mengajar dan membantu teman-temannya dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Pada tahun 2011 bersama dengan pendiri lainnya, Raveendran mendirikan aplikasi belajar bernama 'The Learning App'. Sejak munculnya aplikasi tersebut, sang miliarder  berhasil meraih 35 juta pengguna, di mana 2,5 juta pengguna berlangganan dan membayar setiap tahun sebesar USD 145 (Rp 2 juta) hingga USD 290 (Rp 4,1 juta).

Raveendar mengatakan ingin menjadikan pendidikannya seperti Disney untuk membantu anak-anak dalam belajar dengan karakter- karakter Disney yang menghibur.

"Anak-anak kerap berhubungan dengan Disney Simba atau Moana di mana saja. Maka sebelum itu kita membawa anak-anak ke dalam lingkaran pembelajaran," ungkap CEO Raveendran kepada Bloomberg.

Reporter: Chrismonica

Share Konten ke :