18 September 2018

Layanan Kepada Mahasiswa

 

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa  

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1) (2) (3)
1 Bimbingan PA

 

Pelayanan kepada mahasiswa sangat penting, guna untuk meningkatkan prestasi akademik.

Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain:

a. Penasehat Akademis ditetapkan untuk mahasiswa pada penerimaan mahasiswa baru  di dalam memberikan pertimbangan tentang mata kuliah yang diambil dan menandatangani Kartu Rencana Studi (KRS) dan memberikan bimbingan serta konsultasi lain yang mancakup dalam kegiatan perkuliahan di kampus yang disertai dengan lembaran konsultasi mahasiswa.

b.Bimbingan dan Pendampingan bagi mahasiswa Semester VI yang mengikuti kegiatan coaching dan Praktek Lapangan (magang).

c.Pendampingan dalam menentukan topik tugas akhir/karya tulis ilmiah akhir mahasiswa.

 

Pelaksanaan :

1. Pembimbingan akademik dilakukan 3-5 kali setiap semester oleh mahasiswa mulai awal semester hingga akhir semester.

2. Pembimbingan akademik terkait magang dilakukan oleh dosen PA dan koorniator magang hingga laporan dan nilai magang keluar

3. Pembimbingan tugas akhir dilakukan oleh pembimbingskripsi yang telah ditunjuk sebanyak 2 orang. Proses pembimbingan dimulai dari menentukan topic penelitian, pembuatan proposal, pembuatan hasil skripsi, dan ujian sidang komprehensif. Pembimbingan dinyatakan selesai jika mahasiswa yang bersangkutan telah dinyatakan lulus.

 

Hasilnya :

1.         Pelayanan akademik merupakan aspek terpenting dalam meningkatkan prestasi akademik, dengan pelayanan akademik tersebut, maka diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan masa studinya dengan tepat waktu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh kampus dan membantu mahasiswa dalam menyelesaian masalah yang berkaitan degan kegiatan akademik.

2.         Pembimbingan tugas akhir rata-rata 4-6 bulan

3.         Untuk pembimbingan magang telah berjalan maksimal disertai dengan banyaknya permintaan mahasiswa magang oleh instansi pemerintah dan setelah lulus rata-rata tempat magang menarik alumni sebagai pegawai.

 

Bimbingan Skripsi Pelaksanaan :

a.       Pelayanan bimbingan skripsi dilakukan oleh dua orang pembimbing yakni pembimbing I dan pembimbing II.

b.       Pembimbingan skripsi dilakukan oleh pembimbing I dan II sesuai kesepakatan waktu dengan mahasiswa bimbingan

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Organisasi merupakan sebuah wadah sosial guna untuk menghasilkan para pemimpin masa depan yang handal dalam dunia lapangan kerja. mahasiswa memiliki keseimbangan perkembangan kemampuan intelektual dan kemampuan emosionalnya yang dilandasi oleh kematangan spiritualnya maka perlu pembinaan kemahasiswaan. Dengan demikian mahasiswa tersebut akan menjadi kader-kader pemimpin masa depan bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, bertanggungjawab, mandiri, kreatif, inovatif, dan mampu menghadapi perubahan zaman dan tantangan global.

Kegiatan minat bakat di STIA BNM pariaman berada di bawah kewenangan  BEM STIA BNM Pariaman. Seluruh kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkembangkan apresiasi mahasiswa di berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan visi, misi, dan fungsi Prodi Ilmu Administrasi Negara STIA BNM Pariaman

Bentuk kegiatan antara lain :

a. Bidang Wirausaha, dalam bidang wirausaha ini dilaksanakan penumbuhkembangan mahasiswa dengan kuliah umum bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Prov. Sumatera Barat, Praktek Koperasi dan lain-lain.

b. Bidang Olahraga, dilaksanakan secara profesional dengan mengadakan latihan rutin kepada mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat, seperti Bola Kaki, Tenis Meja, Badminton dan lainnya

c. Penelitian : pelaksanaan penelitian payung bersama dosen STIA BNM Pariaman dengan guna mengetahui interaksi sosial masyarakat yang diteliti.

b.  Pengabdian masyarakat : pelaksanaan pengabdian masyarakat dilksanakan dalam bentuk Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) STIA BNM Pariaman pada suatu desa yang ada wilayah padang pariaman dan kota pariaman dengan hasil untuk adanya desa binaan kedepan nantinya.

Hasil :

c.      Mahasiswa dapat aktif dalam berbagai bidang organisasi baik intra kampus maupun diluar kampus seperti pada : KNPI, HMI, dll

d.      Selain BEM dilingkungan program studi juga dibentuk Himpunan Mahasiswa Program Studi HIMA yang merupakan wadah untuk mahasiswa dalam melakukan diskusi dan membentuk karakter dalam berorganisasi.

3 Pembinaan soft skills

 

Pembinaan soft skills dilaksanakan oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan yang bertujuan membentuk karakter kepribadian, berakhlak, taqwa serta mewujudkan insan mahasiswa yang beriman. Adapun bentuk kegiatanyaa diantaranya :

1. Pelaksanaan ESQ pada mahasiswa baru di STIA BNM Pariaman.

2. Pelaksanaan Latihan Kepemimpinan Manajamen Mahasiswa (LKMM)

3. Latihan Kepemimpinan yang dilakukan HMI STIA BNM Pariaman dalam mengasah perilaku organisasi mahasiswa

4. Latihan penguatan nilai-nilai bangsa yang dilakukan oleh KesbangPol Kota Pariaman

5. Pelatihan SPSS yang dilakukan untuk peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penelitian kuantitatif

6. Pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah X di Rocky Hotel Bukittinggi tahun 2015

7. Pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah

 

Hasilnya  perubahan prilaku mahasiswa dan meningkatnya semangat belajar mahasiswa, kemampuan dalam berorganisasi, etika dalam bertindak, kemampuan menulis ilmiah, dan kemampuan wirausaha dan pembuatan proposal usaha

4 Beasiswa

 

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang cukup baik namun secara ekonomi kurang mampu untuk membiayai pendidikannya, memberikan kesempatan dan keringanan membiayai biaya perkuliahan, dalam bentuk pemeberian bea siswa yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan bagi pemberi beasiswa. Adapun beasiswa yang diberikan sebagai berikut:

1.       Yayasan Bina Mandiri sebagai badan penyelenggara STIA BNM  menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu yang berprestasi dalam bentuk pembebasan SPP.

2.       Beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa antara lain : BBM, PPA, Bea Siswa TV One, Bea Siswa Baznas dan Bea Siswa Pemerintah Daerah

5 Kesehatan Pelayanan jaminan kesehatan mahasiswa telah diupayakan dan diperbaiki  dengan adanya ruangan pelayanan kesehatan dengan fasilitas P3K, Tensimeter, Bed, timbangan dengan bantuan tenaga medis.

Pelaksanaan :

Pelayanan kesehatan dilakukan jika terjadi kecelakaan dalam lingkungan STIA BNM Pariaman. Pelayanan yang dilakukan dalam bentuk pertolongan pertama yang dilakukan oleh perawat yang bertugas di Apotik. Apotik buka setiap hari kerja.

Hasil :

Pertolongan pertama pada mahasiswa dengan adanya ruang pi kesehatan disertai apotik sangat membantu meringankan sakit ketika terjadi karena juga disertai perawat kesehatan yang memberikan arahan dan melayani dengan baik.

6 Perpustakaan 1.    Penyediaan buku terkait dengan program studi ilmu administrasi negara.

2.    Menyediakan ruang baca dan ruang diskusi mahasiswa

3.    Peminjaman buku untuk penunjang perkuliahan.

4.    Menyediakan elektroniklearning melalui jurnal-jurnal elektronik yang telah disediakan.

5.    Hotspot free untuk mahasiswa dan seluruh sivitas akademika dalam peningkatan wawasan mahasiswa.

6.    Perpustakaan dibuka setiap hari sesuai jam kerja

7.    Koleksi Jurnal terkait ilmu sosial terutama Ilmu Administrasi Negara

8.    Penyediaan e-book terkait ilmu administrasi negara.

7 Lainnya, sebutkan. 1.   Mengunjungi mahasiswa yang mengalami musibah seperti mahasiswa yang sakit, orangtuanya meninggal dunia, atau rumahnya rusak karena bencana alam.

2.    Dalam kunjungan tersebut, dosen memberikan hiburan dan juga memberikan sumbangan untuk meringankan beban duka yang dialami.

3.    Mengunjungi mahasiswa korban gempa dan memberikan bantuan dari yayasan.